Beberapa langkah untuk memback-up iPhone anda

iPhone X control center
Banyak orang belajar dengan cara yang sulit betapa pentingnya memback-up iPhone.

Entah jika kehilangan perangkat, jatuh dan tenggelam di toilet atau sadar bahwa kehilangan pesan dan foto-foto berharga setelah memasang pembaruan iOS, nah ada baiknya anda sering memback up guna memperkecil resiko tersebut.

Kabar baiknya adalah ada dua cara mudah untuk melakukannya, yaitu: via iCloud atau iTunes.

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk memback-up perangkat Anda, sehingga tidak kehilangan pesan, foto, kontak atau data.

iCloud backup vs. iTunes backup

Ada dua cara untuk memback-up iPhone, yaitu dengan: iCloud dan iTunes.

  • iCloud menyimpan informasi di "cloud" atau sejenis data storage online. Ini adalah pilihan yang lebih mudah dan memungkinkan Anda untuk membuat dan menggunakan backup selama Anda terhubung ke Wi-Fi/Internet.


  • iTunes akan menyimpan data Anda di Mac atau PC Anda. Jika komputer Anda memiliki ruang penyimpanan dan telah menginstal iTunes. Kelebihan dari iTunes adalah Anda bisa mengakses/menyimpan data dimanapun karena data tersimpan secara offline.
Cara memback-up iPhone di iCloud

1. Untuk memulai backup iCloud Anda, pastikan iPhone terhubung ke jaringan Wi-Fi.

2. Buka Pengaturan, klik nama Anda dan klik iCloud. (Jika Anda menggunakan iOS 10.2 atau sebelumnya, buka Pengaturan, lalu scroll ke bawah dan klik iCloud.)

Step 1 dan 2

3. Tekan iCloud Backup (jika Anda memiliki iOS 10.2 atau sebelumnya, biasanya hanya akan ada pengetahuan "Backup". Lalu Aktifkan Backup.)


4. Terakhir, tekan tombol "Back Up Now".

Step 3 dan 4

Tidak mau melakukan ini setiap hari? Tidak masalah, karena iCloud juga dapat secara otomatis mencadangkan perangkat Anda.

Pertama, periksa apakah Backup iCloud diaktifkan menggunakan langkah-langkah di atas. iPhone harus terpasang ke sumber listrik, terhubung ke Wi-Fi dan layar harus terkunci. Anda juga membutuhkan "cukup ruang yang tersedia" di iCloud untuk melakukan backup otomatis.

Apple memberi penggunanya penyimpanan iCloud 5 GB secara gratis, namun itu mungkin tidak cukup bagi pengguna dengan data yang lumayan banyak. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari $ 0,99 atau IDR 13.000 per bulan.

Cara memback-up via iTunes

1. Buka iTunes dan hubungkan iPhone ke komputer.

2. Anda akan melihat pesan muncul di layar yang menanyakan passcode/code akses, atau biasanya tulisan "Trust This Computer." Ikuti saja langkah-langkah yang diberikan agar memudahkan Anda.

Step 1 dan 2

3. Pilih perangkat Anda ketika muncul di iTunes. Beberapa data pribadi, seperti Health and Activity data, mengharuskan Anda untuk mengenkripsi data cadangan Anda. Untuk melakukannya, pilih kotak centang "Encrypt" dan buat kata sandi baru.

4. Jika Anda tidak perlu mengenkripsi data Anda, klik "Back Up Now."

Step 3 dan 4

Source: http://money.cnn.com/2018/01/31/technology/iphone-backup-guide/index.html

Comments