Teks Prosedur Kompleks

Prosedur kompleks adalah langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan.

Struktur teks prosedur kompleks, antara lain :
  1. Judul
  2. Tujuan
  3. Alat dan bahan
  4. Tahapan/langkah-langkah

Ciri Umum teks prosedur kompleks, antara lain : 
  1. Ada penomoran yang menunjukkan urutan atau tahapan
  2. Ada kata kerja yang menunjukkan perintah (imperatif)
  3. Kata yang menunjukkan kondisi
  4. Partisipan secara umum
  5. Verba material/tingkah laku
  6. Konjungsi temporal (waktu)

Ciri Kebahasaan teks prosedur kompleks, antara lain :
  1. Menggunakan kata kerja material. Kata kerja material ini merupakan kata kerja yang merujuk pada suatu tindakan fisik, seperti : (menambahkan) dan (diminum). Contoh :"Buatlah kopi dengan menambahkan 2 sendok penuh gula pasir" dan "Kopi siap untuk diminum".
  2. Menggunakan kata kerja aksi dalam menjelaskan suatu perilaku. Kata kerja aksi ini adalah kata kerja yang mengacu pada perilaku yang tampak, seperti : (menolak, menerima, merelakan, menyetujui).
  3. Menggunakan konjungsi syarat, pilihan dan pengandaian. Konjungsi syarat adalah konjungsi yang mengacu/merujuk pada syarat. Konjungsi pilihan adalah konjungsi yang dimana mengacu pada pilihan. Konjungsi pengandaian adalah salah satu konjungsi yang mengacu dengan pengandaian. Ketiga jenis konjungsi di atas menggunakan kata yang sama seperti : (jika, jikalau, kalau, manakala, apabila, seandainya).
  4. Menggunakan konjungsi temporal yakni konjungsi yang merujuk pada urutan waktu dan sekaligus sebagai sarana kohesi teks. Seperti : (pertama, kedua, lalu, kemudian).
  5. Menggunakan kalimat perintah. Seperti : (Buatlah, tulislah).
  6. Menggunakan partisipan manusia dengan umum. Menyuruh untuk menulis dan yang diminta melakukan  sesuatu yang disuruh adalah setiap orang meskipun yang dimaksud dalam tekas ialah Anda sendiri.
  7. Konjungsi syarat/pilihan/pengandaian kadangkala digunakan sebagai salah satu bukti teks prosedur kompleks tidak dijumpai di dalam teks.
  8. Menggunakan kata sifat untuk menandai suatu kondisi.

Contoh teks prosedur kompleks


Cara Menghidupkan Komputer dengan baik dan benar
Cara Menghidupkan Komputer dengan baik dan benar

         Komputer merupakan kumpulan seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik  yang berfungsi untuk meringankan atau membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat, efisien dan akurat, salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu cara menghidupkan komputer.
       
         
        Bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar ? Berikut langkah-langkahnya :
  1. Pastikan semua komponen-komponen komputer telah tersambung dengan benar termasuk penggunaan arus listrik.
  2. Periksa keyboard, mouse dan monitor t
  3. elah tersambung pada port yang benar
  4. Tekan tombol power pada UPS dan stabilizer (jika ada), kemudian tekan tombol power pada monitor dan CPU, Tunggu proses booting berjalan sampai selesai.
  5. Setelah proses booting selesai akan tampil dekstop  dan kursor pointing berbentuk anak panah menandakan proses booting sudah selesai dan komputer siap digunakan.
Contoh Video :

Comments